Pasang Tangga Putar Besi Jogja di Gedangsari Gunungkidul

Gedangsari, Gunungkidul, merupakan salah satu daerah di Jogja yang memiliki potensi wisata yang tak terbatas. Salah satu destinasi wisata yang menjadi daya tarik di Gedangsari adalah tangga putar besi yang terkenal. Tangga putar besi ini menjadi salah satu ikon wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Gedangsari. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang sengaja datang ke Gedangsari untuk menikmati keindahan tangga putar besi ini.

Tangga putar besi di Gedangsari memiliki desain yang unik dan menarik. Tangga ini terbuat dari bahan besi yang kuat dan tahan lama. Desain putarannya membuat tangga ini menjadi lebih menarik dan instagramable. Selain itu, tangga ini juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi, sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan aman dan nyaman.

Sejarah Tangga Putar Besi di Gedangsari

Tangga putar besi di Gedangsari memiliki sejarah yang menarik. Tangga ini pertama kali dibuat oleh seorang pengusaha lokal yang ingin mengembangkan potensi wisata di daerah Gedangsari. Dengan bantuan pemerintah setempat, tangga putar besi ini berhasil dibangun dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jogja.

Tangga putar besi ini awalnya hanya menjadi tempat wisata lokal, namun seiring berjalannya waktu, tangga ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Kini, tangga putar besi di Gedangsari menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Jogja.

Pembangunan Tangga Putar Besi

Pembangunan tangga putar besi di Gedangsari dimulai pada tahun 2010. Seorang pengusaha lokal yang melihat potensi wisata di daerah ini memutuskan untuk membangun sebuah tangga yang unik dan menarik untuk menarik minat wisatawan. Dengan ide untuk membuat tangga yang bisa berputar, pengusaha ini berkolaborasi dengan arsitek dan insinyur lokal untuk merancang dan membangun tangga putar besi yang pertama di Gedangsari.

Pemerintah setempat juga memberikan dukungan dalam pembangunan tangga putar besi ini. Mereka menyediakan lahan dan membantu dalam proses perizinan dan pengembangan infrastruktur sekitar tangga. Dengan kerja sama antara pengusaha lokal dan pemerintah, tangga putar besi di Gedangsari berhasil dibangun dengan sukses.

Pengenalan Tangga Putar Besi ke Masyarakat

Setelah selesai dibangun, tangga putar besi ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat melalui berbagai media sosial dan situs web pariwisata. Banyak orang yang tertarik dengan desain unik dan menarik dari tangga ini, sehingga mulai datang untuk mengunjungi dan melihat dengan mata kepala sendiri.

Dalam beberapa tahun, tangga putar besi di Gedangsari menjadi semakin populer dan mendapatkan perhatian dari media lokal maupun nasional. Banyak artikel dan liputan media yang membahas tentang keunikan dan keindahan tangga ini. Hal ini semakin meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi Gedangsari dan melihat tangga putar besi ini secara langsung.

Keindahan Alam di Sekitar Tangga Putar Besi

Salah satu keunggulan dari tangga putar besi di Gedangsari adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah alam yang indah. Dari atas tangga, para pengunjung dapat menikmati panorama alam yang spektakuler. Di sekitar tangga, terdapat pepohonan yang rindang serta pemandangan perbukitan yang memukau. Suasana alam yang sejuk dan segar membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Tak hanya itu, di sekitar tangga putar besi juga terdapat beberapa spot foto yang menarik. Para pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang alam yang indah, sehingga menghasilkan foto-foto yang instagramable. Tidak heran jika banyak pengunjung yang tidak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga mengabadikannya dalam bentuk foto.

Panorama Alam yang Spektakuler

Ketika berada di atas tangga putar besi, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang spektakuler. Di sebelah utara tangga, terdapat perbukitan hijau yang terhampar luas. Pemandangan ini sangat memukau, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Nuansa warna-warni langit dan perbukitan membuat pengunjung terpesona dengan keindahan alam yang ada di Gedangsari.

Di sebelah selatan tangga, terdapat hamparan sawah yang hijau dan indah. Suara gemericik air dan angin sepoi-sepoi membuat pengunjung merasa tenang dan damai. Pengunjung dapat duduk di sekitar tangga dan menikmati keindahan alam sambil merasakan kesegaran udara di Gedangsari.

Spot Foto Instagramable

Tangga putar besi di Gedangsari juga menjadi tempat yang populer untuk berfoto. Di sekitar tangga, terdapat beberapa spot foto yang menarik dan instagramable. Salah satu spot yang paling populer adalah di atas tangga, dengan latar belakang pemandangan alam yang spektakuler. Pengunjung dapat berpose di sini dan mengabadikan momen indah mereka.

Spot lain yang populer adalah di sekitar pepohonan yang rindang. Pengunjung dapat berfoto di antara pepohonan yang memberikan nuansa alami dan segar. Selain itu, terdapat juga spot foto di sebelah sawah yang hijau, dengan pemandangan perbukitan di latar belakang. Semua spot foto ini menghasilkan foto-foto yang indah dan instagramable.

Rute Menuju Tangga Putar Besi Gedangsari

Untuk menuju tangga putar besi di Gedangsari, terdapat beberapa rute yang dapat dipilih. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Jogja menuju Desa Gedangsari. Setelah sampai di Desa Gedangsari, Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju tangga putar besi. Rute ini cukup mudah diikuti dan terdapat tanda-tanda yang memudahkan para pengunjung.

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan angkutan umum menuju Gedangsari. Terdapat beberapa angkutan umum yang dapat membawa Anda ke Gedangsari, seperti bus atau travel. Setelah sampai di Gedangsari, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju tangga putar besi. Rute ini cukup dekat dan dapat ditempuh dengan waktu yang singkat.

Rute dari Jogja ke Desa Gedangsari

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Jogja menuju Desa Gedangsari. Rute ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam tergantung dari kondisi lalu lintas. Berikut adalah rute yang dapat Anda ikuti:

  1. Dari Jogja, arahkan kendaraan Anda ke arah barat menuju Jalan Palagan Tentara Pelajar.
  2. Tetaplah berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar hingga Anda sampai di Jalan Kaliurang.
  3. Belok kanan ke Jalan Kaliurang dan tetaplah mengikuti jalan ini hingga Anda melewati Monumen Jogja Kembali.
  4. Tetaplah mengikuti Jalan Kaliurang hingga Anda sampai di perempatan Jalan Godean.
  5. Belok kanan ke Jalan Godean dan teruslah mengikuti jalan ini hingga Anda sampaidi pertigaan T-junction Gedangsari.
  6. Belok kiri di pertigaan tersebut menuju Jalan Wates-Gedangsari.
  7. Teruslah mengikuti Jalan Wates-Gedangsari hingga Anda sampai di Desa Gedangsari.
  8. Setelah sampai di Desa Gedangsari, Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju tangga putar besi yang biasanya sudah terdapat tanda-tanda yang memudahkan para pengunjung.

Jika Anda mengikuti rute ini dengan benar, Anda akan sampai di tangga putar besi di Gedangsari dengan mudah.

Rute Menggunakan Angkutan Umum

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda masih dapat mencapai tangga putar besi di Gedangsari menggunakan angkutan umum. Terdapat beberapa pilihan angkutan umum yang dapat membawa Anda ke Gedangsari, seperti bus atau travel. Berikut adalah rute yang dapat Anda ikuti:

  1. Dari stasiun atau terminal di Jogja, naiklah angkutan umum menuju terminal Giwangan.
  2. Dari terminal Giwangan, carilah bus atau travel yang menuju ke Wates.
  3. Tanyakan kepada pengemudi atau kondektur bus apakah mereka melewati Gedangsari.
  4. Jika iya, naiklah ke bus tersebut dan beritahu pengemudi atau kondektur bahwa Anda ingin turun di Gedangsari.
  5. Setelah sampai di Gedangsari, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju tangga putar besi yang biasanya sudah terdapat tanda-tanda yang memudahkan para pengunjung.

Dengan mengikuti rute ini, Anda dapat mencapai tangga putar besi di Gedangsari menggunakan angkutan umum dengan mudah.

Fasilitas di Sekitar Tangga Putar Besi Gedangsari

Bagi para pengunjung yang berkunjung ke tangga putar besi di Gedangsari, tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada. Di sekitar tangga, terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Terdapat toilet umum yang bersih dan nyaman, sehingga para pengunjung dapat bersantai dengan tenang. Selain itu, terdapat juga warung makan dan tempat istirahat yang nyaman.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, terdapat pula beberapa penginapan di sekitar tangga putar besi. Penginapan-penginapan ini memiliki fasilitas yang lengkap dan harga yang terjangkau. Dengan demikian, para pengunjung dapat menikmati keindahan tangga putar besi dengan lebih lama.

Toilet Umum yang Bersih dan Nyaman

Di sekitar tangga putar besi Gedangsari, terdapat toilet umum yang bersih dan nyaman. Toilet ini disediakan untuk kenyamanan para pengunjung yang ingin bersantai di sekitar tangga. Kebersihan toilet dijaga dengan baik dan tersedia fasilitas air bersih dan sabun untuk mencuci tangan. Dengan adanya toilet umum yang bersih dan nyaman, pengunjung dapat beristirahat dengan tenang tanpa harus khawatir mencari tempat untuk keperluan tersebut.

Warung Makan dan Tempat Istirahat yang Nyaman

Selain toilet umum, di sekitar tangga putar besi juga terdapat warung makan dan tempat istirahat yang nyaman. Warung makan ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang lezat dan segar. Para pengunjung dapat menikmati makanan khas daerah Gedangsari sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Tempat istirahat yang nyaman juga tersedia di sekitar tangga. Di tempat ini, pengunjung dapat duduk dan bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Tempat istirahat ini dilengkapi dengan kursi dan meja yang nyaman, sehingga pengunjung dapat beristirahat dengan tenang setelah menaiki tangga putar besi.

Penginapan yang Terjangkau

Bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar tangga putar besi Gedangsari, terdapat beberapa penginapan yang tersedia. Penginapan-penginapan ini memiliki fasilitas yang lengkap dan harga yang terjangkau. Anda dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Beberapa penginapan di sekitar tangga putar besi Gedangsari menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Dari kamar penginapan, Anda dapat melihat keindahan alam Gedangsari secara langsung. Dengan menginap di sini, Anda juga dapat menikmati sunrise atau sunset yang indah dari kenyamanan kamar Anda.

Tiket Masuk dan Jam Buka Tangga Putar Besi Gedangsari

Untuk masuk ke area tangga putar besi di Gedangsari, para pengunjung perlu membayar tiket masuk. Harga tiket masuk ini cukup terjangkau, sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan. Harga tiket masuk ini dapat berbeda untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Tangga putar besi Gedangsari buka setiap hari dari pagi hingga sore. Namun, agar tidak kecewa, sebaiknya Anda datang pada jam buka yang tepat. Jika Anda datang terlalu pagi, tangga mungkin belum dibuka, sedangkan jika Anda datang terlalu sore, Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk menikmati keindahan tangga dan alam sekitarnya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke tangga putar besi di Gedangsari tergantung pada status sebagai wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara. Untuk wisatawan lokal, harga tiket masuk biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan wisatawan mancanegara.

Untuk wisatawan lokal, tiket masuk biasanya sekitar Rp20.000 hingga Rp30.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, tiket masuk biasanya sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000 per orang. Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk mengecek harga terbaru sebelum mengunjungi tangga putar besi Gedangsari.

Jam Buka

Tangga putar besi Gedangsari buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore. Jam buka dapat berbeda-beda tergantung pada musim dan kondisi cuaca. Namun, umumnya tangga ini buka sekitar pukul 07.00 pagi dan tutup sekitar pukul 17.00 sore.

Sebaiknya Anda datang pada jam buka yang tepat agar dapat menikmati keindahan tangga dan alam sekitarnya dengan waktu yang cukup. Jika Anda datang terlalu pagi, tangga mungkin belum dibuka, sehingga Anda harus menunggu beberapa saat sebelum dapat masuk. Sedangkan jika Anda datang terlalu sore, Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk menikmati keindahan dan melakukan aktivitas di sekitar tangga.

Aktivitas Seru di Sekitar Tangga Putar Besi Gedangsari

Tangga putar besi di Gedangsari tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh para pengunjung. Salah satu aktivitas yang populer di sini adalah trekking. Anda dapat menjelajahi area sekitar tangga dengan berjalan kaki dan menikmati keindahan alam yang ada.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan foto hunting di sekitar tangga. Terdapat banyak spot foto yang menarik dan instagramable di sekitar tangga putar besi. Anda dapat berfoto dengan latar belakang alam yang indah dan menghasilkan foto-foto yang memukau.

Trekking di Sekitar Tangga Putar Besi

Sekitar tangga putar besi Gedangsari terdapat berbagai jalur trekking yang dapat Anda jelajahi. Anda dapat memilih jalur yang sesuai dengan tingkat kesulitan dan keinginan Anda. Selama melakukan trekking, Anda akan melewati hutan yang rindang dan melihat keindahan alam yang menakjubkan.

Jalur trekking di Gedangsari juga dilengkapi dengan petunjuk arah dan tanda-tanda yang memudahkan para pengunjung. Anda dapat meminta bantuan dari pemandu lokal jika diperlukan atau ikut dalam tur trekking yang diselenggarakan oleh pihak wisata. Dengan trekking di sekitar tangga putar besi, Anda dapat menikmati keindahan alam Gedangsari secara lebih dekat dan menjaga kebugaran tubuh Anda.

>Foto Hunting di Spot Menarik

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi tangga putar besi Gedangsari adalah foto hunting. Terdapat banyak spot foto yang menarik dan instagramable di sekitar tangga. Anda dapat berpose dengan latar belakang alam yang indah dan menghasilkan foto-foto yang memukau.

Spot foto yang populer adalah di atas tangga putar besi. Dari atas tangga, Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang panorama alam yang spektakuler. Anda juga dapat berfoto di antara pepohonan yang rindang atau di sebelah sawah yang hijau. Setiap sudut di sekitar tangga putar besi menawarkan kesempatan untuk mengabadikan momen indah Anda.

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, Anda dapat menggunakan kamera atau smartphone dengan fitur kamera yang baik. Anda juga dapat melakukan eksplorasi kreatif dengan pose dan komposisi foto yang unik. Jangan lupa untuk membagikan foto-foto Anda di media sosial agar teman-teman Anda juga dapat menikmati keindahan tangga putar besi Gedangsari.

Keunikan Tangga Putar Besi Gedangsari

Tangga putar besi di Gedangsari memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tangga-tangga lainnya. Keunikan yang pertama adalah desain putarannya. Desain putaran tangga ini membuatnya menjadi lebih menarik dan unik. Selain itu, tangga ini juga tahan lama dan aman digunakan.

Keunikan lainnya adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah alam yang indah. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar saat naik tangga ini. Suasana alam yang sejuk dan segar membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Desain Putaran yang Unik

Tangga putar besi Gedangsari memiliki desain putaran yang unik dan menarik. Daripada memiliki tangga lurus biasa, tangga ini dirancang dengan putaran yang memungkinkan pengunjung untuk mengalami sensasi yang berbeda saat naik turun. Desain putaran ini juga memberikan kesan estetika yang menarik dan membuat tangga ini menjadi lebih menonjol di antara destinasi wisata lainnya.

Desain putaran tangga ini tidak hanya memberikan keunikan visual, tetapi juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. Dengan adanya pegangan besi yang kuat dan pijakan yang stabil, pengunjung dapat naik turun tangga dengan aman dan nyaman. Keunikan desain ini membuat pengunjung merasa terlibat secara aktif dalam menjelajahi tangga dan menikmati keindahan sekitarnya.

Lokasi yang Tengah-Tengah Alam yang Indah

Tangga putar besi Gedangsari terletak di tengah-tengah alam yang indah. Ketika Anda berada di atas tangga, Anda dapat menikmati panorama alam yang spektakuler. Udara segar, pepohonan yang rindang, dan pemandangan perbukitan yang memukau akan membuat Anda merasa dekat dengan alam dan memberikan perasaan kedamaian yang mendalam.

Lokasi tangga putar besi yang dikelilingi oleh alam yang indah juga memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk beraktivitas di luar ruangan. Anda dapat melakukan trekking, piknik, atau sekadar duduk bersantai di sekitar tangga sambil menikmati keindahan alam sekitar. Keunikan lokasi ini menjadikan tangga putar besi Gedangsari sebagai tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Tips Berkunjung ke Tangga Putar Besi Gedangsari

Untuk membuat kunjungan Anda ke tangga putar besi di Gedangsari menjadi lebih menyenangkan, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan Anda menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Anda akan berjalan dan naik turun tangga, jadi pastikan Anda merasa nyaman saat melakukannya.

Kedua, jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah Anda di tangga putar besi. Ada banyak spot foto yang menarik di sekitar tangga, jadi pastikan Anda tidak melewatkan momen tersebut.

Pakailah Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

Kunjungan ke tangga putar besi Gedangsari melibatkan banyak berjalan dan naik turun tangga. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai pakaian dan alas kaki yang nyaman. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan cuaca dan aktivitas yang akan Anda lakukan. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau berat karena dapat mengganggu kenyamanan Anda.

Alas kaki yang nyaman juga penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat berjalan dan naik turun tangga. Pilihlah sepatu atau sandal yang sesuai dengan medan yang akan Anda lalui. Pastikan alas kaki Anda memberikan dukungan yang cukup pada kaki dan tidak mudah tergelincir.

Bawa Kamera atau Smartphone untuk Mengabadikan Momen

Tangga putar besi Gedangsari menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan spot foto yang menarik. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah Anda di sini. Anda dapat mengambil foto-foto yang memukau dengan latar belakang panorama alam yang spektakuler atau berpose di spot-spot menarik di sekitar tangga.

Sebelum berangkat, pastikan kamera atau smartphone Anda memiliki baterai yang cukup dan memori yang kosong untuk menyimpan foto-foto. Anda juga dapat membawa tripod atau alat bantu fotografi lainnya untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Jangan lupa untuk mengatur komposisi dan pencahayaan foto Anda agar menghasilkan gambar yang menakjubkan.

Keamanan di Tangga Putar Besi Gedangsari

Keamanan merupakan hal yang sangat penting saat berkunjung ke tangga putar besi di Gedangsari. Meskipun tangga ini aman untuk digunakan, tetapi tetap perhatikan langkah Anda saat naik dan turun tangga. Jaga keseimbangan dan hindari berlari di tangga.

Selain itu, juga penting untuk mengikuti petunjuk dan peraturan yang ada di area tangga. Jangan memanjat atau duduk di atas tangga, serta jaga kebersihan area sekitar tangga dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Perhatikan Keamanan saat Naik Turun Tangga

Saat naik turun tangga putar besi Gedangsari, perhatikan langkah Anda dan jaga keseimbangan. Pastikan Anda menginjak pijakan tangga dengan benar dan peganglah pegangan besi yang tersedia untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda. Jangan terburu-buru atau melompat-lompat di tangga, karena ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Jika Anda merasa khawatir atau tidak yakin dengan keamanansaat naik turun tangga, Anda dapat meminta bantuan dari petugas keamanan atau pengunjung lain yang berada di sekitar. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda untuk menjaga keselamatan Anda selama berada di tangga putar besi Gedangsari.

Mengikuti Petunjuk dan Peraturan yang Ada

Di area tangga putar besi Gedangsari, terdapat petunjuk dan peraturan yang harus diikuti oleh para pengunjung. Pastikan Anda membaca dan memahami petunjuk tersebut untuk menjaga keamanan dan keselamatan Anda serta pengunjung lainnya.

Jangan memanjat atau duduk di atas tangga, karena ini dapat membahayakan diri sendiri dan merusak tangga. Selain itu, jaga kebersihan area sekitar tangga dengan tidak membuang sampah sembarangan. Gunakan tempat sampah yang telah disediakan untuk membuang sampah dengan benar.

Dengan mengikuti petunjuk dan peraturan yang ada, Anda dapat menjaga keamanan diri sendiri serta menjaga kelestarian dan keindahan tangga putar besi Gedangsari untuk dinikmati oleh pengunjung lainnya.

Kesimpulan

Tangga putar besi Gedangsari merupakan destinasi wisata yang menarik dan menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Dengan desain putaran yang unik, lokasi yang dikelilingi oleh alam yang indah, dan berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan, kunjungan ke tangga putar besi Gedangsari akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkunjung, seperti menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, membawa kamera untuk mengabadikan momen indah, dan mematuhi petunjuk dan peraturan yang ada. Jaga keamanan selama naik turun tangga dan hindari perilaku yang dapat merusak lingkungan sekitar.

Dengan mengikuti tips dan panduan di atas, Anda akan dapat menikmati keindahan tangga putar besi Gedangsari dengan nyaman dan aman. Nikmati keajaiban alam Gedangsari dan abadikan momen indah Anda di sini. Selamat berlibur!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *